BATERAI LIPAT DARI KUMAN AIR LIMBAH

BATERAI LIPAT DARI KUMAN AIR LIMBAH

Runtunan teknologi http://beatsoup.net seperti tidak ada habisnya untuk melabuhkan benda-benda terkini yang sangat membiayai masyarakat, salah satunya teknologi batrai lipat terupdate yang alamat dari bibit penyakit air limbah.

Ilmuwan telah meningkatkan baterai bertenaga bibit penyakit dalam bentuk sehelai kertas. Baterai ini, menurut mereka, bisa menjadi mata air setrum murah dan mudah diproduksi untuk pemeriksaan medis di jajahan terpencil dan berkembang.

Baterai kertas Termuat, yang dapat dilipat, ialah teladan nyata teranyar dari apa yang dikenal andaikan baterai-bio, yang menyimpan ketabahan yang dihasilkan oleh senyawa organik.

Dalam hal ini, daya tercatat dihasilkan oleh patogen yang biasanya ditemukan dalam air limbah.

Desain berbasis kertas sengaja dipilih dikarenakan adalah faktor dari bidang pengkajian baru yang dinamakan papertronics, yang seperti namanya, yaitu perpaduan kertas dan elektronik.

Biro sederhana yang dibutuhkan untuk menggarap jenis-jenis elektronik berbasis kertas terhitung mudah didapat di negara terpencil di Aspek, yang bisa menjadi pengganti setrum tangguh di tempat-tempat di mana jaringan setrum atau baterai kasar tidak tersedia.

"Papertronics baru-baru ini menampakkan diri seandainya cara sederhana dan murah untuk menjadi mata air roh pemeriksaan diagnostik point-of-care," kata Seokheun "Sean" Choi, satu orang engineer dari Binghamton University, sama seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (30/12/2016).

Untuk mengadakan baterai itu, mereka memelankan pita perak nitrat pada seuntai kertas kromatografi. Di atas kertas itu, mereka mengadakan kelas lilin tipis untuk menggelar katoda--elektroda positif baterai.

Di sisi lain kertas, tim ilmuwan menempatkan reservoir dari suatu polimer konduktif, yang beraksi andaikata satu buah anoda (elektroda negatif), selesei diisi dengan beberapa tetes larutan air limbah yang mengandung bibit penyakit.

Disaat kertas dilipat, maka katoda dan anoda Sangkutan, baterai ini pun menjadi bertenaga berkah metabolisme Mikroba, yang serta dikenal andaikan respirasi sel.

Ini bukan pertama kalinya ilmuwan telah bereksperimen dengan desain baterai. Tahun lalu, tim ilmuwan dari AS dan Tiongkok menampilkan baterai lithium-ion berparas origami.

Baca juga : MONAS DI BUKA UNTUK UMUM SAAT MALAM TAHUN BARU

Ada pula tim ilmuwan Swedia yang membesarkan barang yang dinamakan "kertas daya" (power paper), suatu tumpukan yang terbuat dari selulosa dan polimer yang mampu menyimpan vitalitas.